Friday, September 25

Jelang Pilkada, Indek Dompu Gelar Dialog Publik Antisipasi Konflik Sosial di Dompu

 


Dompu - Lembaga Indek Dompu yang merupakan lembaga riset pengembangan konsulting dan advokasi kebijakan pembangunan di Kabupaten Dompu menggelar dialog publik dengan tema penggalangan dan pemetaan terhadap kelompok kepentingan guna antisipasi kearwanan dalam upaya mencegah konflik sosial di kabupaten Dompu.


Hadir sebagai narasumber perwakila. Kapolres Dompu, Pengurus Cabang Nahdatul ulama Dompu dan Camat Kilo, kegiatan yang berlangsung di Aula Desa Kiwu Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu, Sabtu 26 September 2020.


Ketua INDEK Dompu, Ardiansyah memaparkan, guna antisipasi ada upaya kelompok lain yang memanfaatkan dan melakukan gerakan-gerakan yang mengarah ingin merusak harmonisasi sosial di sekitar masyarakat.


"Ini menjadi salah satu tugas rumah kita semua agar mampu memberikan edukasi pencegahan konflik sosial di kabupaten Dompu," terang Ardiansyah.


Menurutnya, terutama kalangan orang tua supaya memberikan edukasi yang baik bagi anak di tambah Dompu sangat kritis tindakan kriminal di kalangan muda mudi, pembacokan, panah memanah dan lain-lain apalagi saat sekarang menjelang Pilkada di Dompu, diduga akan mencuat isu-isu mengarah ke provokasi, Anggapannya juga setiap konflik yang terjadi jangan melakukan hal yang anarkis lebih lebih baik menyerahkan pada penegak hukum.


"Yah memang harmonisasi sosial harus kita jaga bersama di tatanan sosial, ini tanggung jawab kita bersama terutama kalangan orang tua agar mengawasi anaknya jangan hanya melimpahkan pada aparat yang menjaganya, saat ini juga Dompu masuk musim pilbub mari kita jaga bersama agar arah demokrasi lebih bermartabat dan berfaedah" ungkapnya.


"Dalam prosentase kehidupan sehari-hari ukhuwah islamiah harus di. Utamakan, " lanjutnya.


Selain itu, Iptu Muslihin mewakili Kapolres Dompu, menyampaikan sangat penting bagi semua pihak menjaga stabilitas politik saat sekarang ini, untuk melakukan hal tersebut perlu waspada agar tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum.


"Dalam hal kami selaku keamanan mewanti-wanti jangan mudah terprovokasi oleh para pakar provokatif". Ujarnya


Kegiatan dialog ini  yang di ikuti utusan dari kemahasiswaan dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Dompu.


EmoticonEmoticon