Thursday, October 17

Peran Dan Fungsi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara


Buku yang berjudul “PENDIDIKAN PANCASILA’’ ini,didalam nya membahas tentang Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa indonesia khususnya peran peran tokoh ulama, kedudukan dan fungsi pancasila, pancasila sebagai ideologi negara, pancasila sebagai etika politik, nilai pancasila dalam ber kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara, serta fungsi pancasila untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur, dan menjadikan bangsa indonesia lebih maju dalam berbagai bidang baik itu bidang politik, budaya, ekonomi dan sosial.
Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa. Pancasila digunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan negara. Pancasila merupakan kesepakatan bersama bangsa indonesia yang mementingkan semua komponen dari Sabang sampai Merauke.
Istilah pancasila sudah di kenal sejak zaman kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Majapahit dimana sila-sila yang terdapat dalam Pancasila itu sudah di terapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Menurut kitab sutasoma karangan Mpu Tantular, Pancasila berarti “berbatu sendi yang lima” atau “pelaksanaan kesusilaan yang lima”.
Perumusan pancasila ini berawal dari pemberian janji kemerdekaan di kemudian hari kepada bangsa Indonesia oleh Perdana Mentri Jepang saat itu, Kunaiki Koiso pada tanggal 7 September 1944, di depan Parlemen tokyo. Pemerintah Jepang menjanjikan kemerdekaan bangsa indonesia jika Jepang memenangkan peperangan. Janji itu di ulangi lagi pada tanggal 1 Maret 1945 dengan tanpa syarat dan di janjikan untuk membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang bertujuan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan tata pemerintahan Indonesia yang merdeka.
Dalam sidang BPUPKI yang pertama pada tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno menyampaikan usulan nya tentang dasar negara yang tersusun atas lima prinsip. Dari lima prinsip yang diajukan oleh Soekarno tersebut kemudian dia usulkan dapat dijadikan 3 sila atau tri sila sebagai intisari nya. Yaitu, Pertama Sosio Nasionalisme yang merupakan sintesis antara kebangsaan atau nasionalisme dan peri kemanusiaan atau internasionalisme. Kedua, Sosio demokrasi yang merupakan sintesis antara demokrasi atau mufakat dan kesejahteraan sosial dan sila ketiga yaitu ketuhanan.
Sejarah Perkembangan Pancasila berakhir pada masa sidang PPKI pertama tanggal 18 Agustus 1945, dengan di sah kan nya naskah Pancasila yang berisi sama dengan yang kita gunakan saat ini yaitu (1) Ketuhanan Yang Maha Esa (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab (3) Persatuan Indonesia (4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan (5) Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.
Sila-sila Pancasila yang merupakan sistem filsafat pada hakikatnya merupakan satu kesatuan organis. Artinya, antar sila-sila pancasila itu saling berkaitan, saling berhubungan bahkan saling mengklarifikasi. Pemikiran yang terkandung dalam pancasila, yaitu pemikiran tentang manusia yang berhubungan tentang Tuhan, dengan diri sendiri, dengan sesama, dengan masyarakat bangsa yang nilai nilai itu di miliki oleh masyarakat bangsa Indonesia.
Adapun norma norma yang terkandung dalam pancasila adalah norma norma sosial dan norma hukum. Di dalam kehidupan bermasyarakat terdapat berbagai macam norma norma sosial yaitu: 1 norma agama yang mengatur perbuatan atau perilaku seseorang secara intern dan antar pribadi; 2 norma kesopanan dan norma hukum yang mengatur perbuatan atau kepentingan antar pribadi seseorang dengan orang lain dalam masyarakat; 3 norma kesusilaan yang mengatur perbuatan atau kepentingan intern pribadi seseorang.Adapun norma hukum adalah suatu pedoman hidup yang mengatur hak dan kewajiban seseorang atau berkelompok orang dalam hidup masyarakat, berbangsa dan bernegara.
Dengan adanya pemahaman pancasila yang baik dan benar maka seluruh masyarakat khusus nya masyarakat indonesia mampu memahami aturan-aturan dalam bernegara dengan baik dan benar, sehingga dengan adanya masyarakat yang hidup dengan pemahaman pancasila yang baik dan benar maka mampu membantu mengembangkan perkembangan negara indonesia yang lebih maju dari berbagai macam aspek kehidupan baik dari aspek ekonomi, sosial, budaya, dan politik.

RESENSI BUKU PENDIDIKAN PANCASILA
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
ISBN : 9786025030673
Penulis Resensi : Hamdani Rozak


EmoticonEmoticon